Beranda Kabar Wisata Asyiknya Menikmati Pemandangan dan 5 Gunung Bumi Blambangan di atas Bukit Mondoleko

Asyiknya Menikmati Pemandangan dan 5 Gunung Bumi Blambangan di atas Bukit Mondoleko

0

MEDIA9 – Jelajah Media9 kali ini tertarik dengan salah satu bukit yang terletak di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Bukit tersebut bernama Bukit Mondoleko. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung jangan khawatir, karena akses menuju Bukit Mondoleko sangat mudah dan dapat dilalui menggunakan mobil atau sepeda motor, karena sejalan dengan lokasi destinasi wisata lain di Kecamatan Songgon.

Bukit Mondoleko merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam pedesaan dari atas ketinggian. Dari bukit itu, wisatawan dapat melihat berapa indahnya hamparan sawah, pohon-pohon hijau, merasakan udara sejuk yang masih alami, dan gemerincing alunan suara air sungai yang mengalir di bawahnya.

Tak kalah menakjubkannya, Bukit Mondoleko dikelilingi lima gunung yang membatasi Kabupaten Banyuwangi, yaitu Gunung Raung, Gunung SUket, Gunung Kendil, Gunung Meranti, dan Gunung Merapi. Ke lima gunung tersebut melingkar dan menyuguhkan kemegahan pemandangan yang ada di Bukit Mondoleko.

Sarana Prasarana Bukit Mondoleko memang sudah mumpuni untuk dijadikan destinasi wisata. Lahan parkir yang mencukupi, akan mempermudah wisatawan dan memberikan rasa nyaman saat berkunjung. Setelah parkir, untuk menuju ke atas bukit wisatawan harus berjalan kurang lebih selama 10 menit. Selama perjalanan menuju bukit, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pematang sawah di sisi kanan dan kiri. Lalu wisatawan akan melewati jalan setapak menuruni jurang dan menyebrangi aliran sungai yang bersih dan segar.
Namun wisatawan tidak perlu khawatir, karena pengelola wisata telah menyiapkan jalur dan jembatan yang aman untuk dilewati. Pengelola berupaya sedemikian rupa agar akses yang dilewati wisatawan tidak terlihat menakutkan, melainkan mengasyikkan, sehingga wisatawan benar-benar menikmati kunjungan mulai dari lahan parkir hingga puncak bukit.

Tidak habis sampai disitu saja, setelah menyebrangi sungai wisatawan harus berjalan kembali naik ke atas jurang, sesampainya disana wisatawan baru bisa bersantai terlebih dahulu di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati rindangnya pepohonan pinus.

Pohon pinus yang memenuhi Bukit Mondoleko sangat menjulang tinggi. Selain gazebo untuk bersantai, wisatawan juga dapat bermain ayunan sambil berswafoto di tengah-tengah daun pinus yang berguguran.
Tidak sampai disitu saja, karena jika wisatawan melanjutkan perjalanan ke atas bukit, maka wisatawan akan menemukan dermaga pandang yang menjorok ke jurang. Pemandangan ciamik tersebut menjadi spot foto paling favorit bagi para wisatawan yang datang.

Dilokasi yang sama, terdapat sebuah Goa yang konon digunakan para pejuang untuk bersembunyi dalam melawan para penjajah. Menurut pengelola, Goa ini berada tepat dibawah Bukit Mondoleko dan dipercaya salah satu lorong didalam goa bisa menembus hingga Pantai Grajagan yang lokasinya berada sekitar 51 KM dari Bukit Mondoleko. Namun, saat ini mulut goa telah diberi pagar begi, agar tidak ada seorangpun yang bisa masuk kedalam goa demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, menjadikan prosentase kunjungan ke Bukit Mondoleko menurun. Sehingga pendapatan destinasi ikut menurun dan berdampak pada fasilitas destinasi yang mulai terbengkalai, seperti beberapa atap gazebo yang mulai runtuh dan spot – spot foto yang ditumbuhi tanaman liar. Namun tidak perlu khawatir, meskipun fasilitas destinasi mulai rusak, tetapi keindahan bukit mondeloka tetap masih bisa anda nikmati. Malah lebih terkesan lebih alami dari sebelumnya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, cukup merogoh kocek sebesar Rp.5000,- saja maka wisatawan sudah bias masuk dan menikmati keindahan Bukit dengan benteng 5 Gunung Bumi Blambangan itu. Wisatawan juga tidak perlu takut ketika merasa lapar dan tidak membawa bekal dari rumah, karena , karena hingga saat ini masih tersedia warung makan bernama “Warung Sawah” karena lokasinya tepat berada di pinggir sawah dan dilengkapi dengan kolam ikan, sungai kecil berair jernih, dan bunga – bunga penuh warna. Hawa sejuk dan tenang akan anda dapatkan disini.
(Ikrimahayus)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here