Beranda Kabar Usaha Inspirasi Arisal Aziz Dari Seorang Pencari Penumpang Travel Di Kota Pekanbaru Sampai Memiliki...

Arisal Aziz Dari Seorang Pencari Penumpang Travel Di Kota Pekanbaru Sampai Memiliki Perusahaan Indah Cargo

0

Pekanbaru, – Sosok Arisal Aziz agaknya layak disebut sebagai salah satu pengusaha nasional yang fenomenal. Betapa tidak, perusahaan yang didirikannya PT Indah Cargo tumbuh pesat menjelma menjadi salah satu perusahaan besar di bidang jasa pengiriman di Indonesia dengan pertumbuhan omset ratusan milyar rupiah.

Namun dibalik kesuksesan yang diraihnya tersebut tentu tidak banyak yang tahu jika dulunya ia adalah seorang pencari penumpang alias agen travel. Ia memulai usahanya dari nol, kerja keras banting tulang, melewati masa masa sulit penuh rintangan.

Arisal Aziz merupakan putra asli Kampung Dalam, Padang Pariaman, sebuah Nagari di Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Arisal menghabiskam masa kecilnya di sana.

Tentu tidak ada yang bisa membayangkan sebelumnya Arisal akan bisa menjadi seperti sekarang. Berawal dari seorang pencari penumpang (PC) agen travel di terminal bus Mayang Terurai, Pekanbaru tahun 1990. Lalu pada tahun 1993 ia menjadi agen bus Merah Sari, kemudian tahun 1994 juga menjadi agen Travel TST yang berkantor pusat di kota Padang. Tak berapa lama, tahun 1996 ia jadi agen perwakilan  PT. Jati Mulyo. Lama berkecimpung di dunia jasa transporasi, tahun 2000 Arisal memutuskan mendirikan usaha sendiri bernama CV Indah Travel yang merupakan jasa angkutan sewa dan angkutan umum khusus Kijang Innova.

Usaha travel yang dirintisnya berjalan cukup sukses. Tidak puas sampai di situ, tahun 2007 Arisal lantas mendirikan sebuah perusahaan jasa pengiriman express dengan nama PT. Indah Cargo. Perlahan namun pasti, Indah Cargo terus berkembang pesat dan membuka cabang yang tersebar di seluruh nusantara.

Menurut Arisal untuk menjadi sukses tidaklah mudah, selain memerlukan pengorbanan juga mesti memiliki keyakinan yang kuat. Kemudian harus memiliki sikap terbuka kepada siapa saja, supel dalam bergaul, jujur, kerja keras dan pantang menyerah menghadapi rintangan.

Arisal masih teringat sewaktu menjadi agen travel di terminal Mayang Terurai, ia harus menghadapi berbagai resiko yang sewaktu waktu bisa menimpa dirinya. Kehidupan keras khas terminal ia hadapi setiap hari. Persaingan dengan sesama agen dan bahkan para preman tak jarang berujung dengan kekerasan. Namun memang itulah tantangan  yang harus dihadapi dengan sabar. Bagi arisal semua itu dijadikan  sebagai pembelajaran dan motivasi untuk merubah nasib. Kegetiran hidup ia jalani dengan ikhlas bersama istri tercintanya selama bertahun tahun.

Kini hidup Arisal sudah jauh berubah, ia merupakan Direktur Utama PT Indah Cargo, perusahaan jasa pengiriman  yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dengan omset ratusan milyar.

Namun meski sudah menjadi orang sukses, bapak 3 anak itu tidak pernah lupa dengan asal usulnya. Melalui yayasan Al Aziz yang ia dirikan, Arisal kini rutin membantu kampung halamannya dengan menjadi donatur tetap guru mengaji untuk 46 Korong yang ada di Kecamatan Lima Koto Kampung Dalam. Selain itu ia juga memberikan honor setiap bulannya untuk Wali Korong, Ketua Pemuda, guru silek dan mamak kaum se Kecamatan Lima Koto Timur. Ia juga memberikan bantuan sebanyak 30 ribu alquran yang dibagikan kepada ASN, Sekolah dan masyarakat umum di Padang Pariaman. Arisal Aziz punya impian ingin menjadikan kampung halamannya sebagai kampung alquran.

Ke depan Arisal Aziz berencana membangun Pesantren khusus untuk anak yatim dan mualaf seluas 16 hektar di Kampung Dalam.  Tidak hanya pada bidang keagamaan, Arisal juga sangat peduli terhadap bidang olahraga. Ia merupakan donatur tetap untuk kesebelasan ABC Kampung Dalam dan Limkos FC.

Meski kini memiliki kekuatan financial, namun Arisal tidak pernah berniat terjun ke dunia politik menjadi anggota dewan ataupun Kepala daerah.  Arisal menyadari untuk menjadi sukses mamang membutuhkan perjuangan ekstra keras, keyakinan, jujur, dan disiplin. ( Fadhil – lintassumbar.com )

 

Tinggalkan Komentar