Beranda Kabar Wisata Antogan, Air Terjun Penuh Misteri dan Sarat Sejarah

Antogan, Air Terjun Penuh Misteri dan Sarat Sejarah

0

Banyuwangi – Destinasi wisata di Banyuwangi mulai kembali naik pesat. Banyuwangi penuh dengan beragam aktivitas wisata dan budaya serta sejarah yang sangat kental dan orisinal.

Beragam destinasi wisata tersedia di Banyuwangi, salah satunya adalah air terjun. Dari Kalibaru, hingga Selogiri, puluhan air terjun siap untuk dikunjungi. Dari yang memiliki trek curam menuruni lembah, hingga trek yang landai tersedia di kota ini.

Salah satu dari puluhan air terjun yang ada di Kota Gandrung ini ialah Air Terjun Antogan. Air Terjun Antogan berlokasi di Desa Bunder, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Air terjun ini telah dikenal oleh masyarakat sejak lama dan merupakan destinasi yang tenar pada zamannya.

Air Terjun Antogan merupakan air terjun yang letaknya tersembunyi. Air terjun ini dikelilingi oleh batuan yang besar dan tebing. Pengunjung harus melewati desa, lembah, dan sungai yang di atasnya telah dilengkapi jembatan.

Air terjun Antogan merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi. Namun, tetap memiliki nilai keindahan yang tiada tara. Tinggi air terjun Antogan hanya sekitar tujuh meter. Ketinggian air terjun tersebut tidak mengurangi keindahan dan pesona air terjun ini. Airnya yang bening, ditambah dengan pohon-pohon yang indah, dan hawanya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Di sebelah Air Terjun Antogan terdapat kolam alami yang dilengkapi dengan perosotan yang mengarah ke bendungan yang berasal dari air terjun ini. Pengunjung yang ingin pergi ke air terjun ini tidak perlu merasa berat karena telah disediakan anak tangga menuju air terjun.

Kini, air terjun ini seakan tersisihkan karena banyaknya destinasi wisata baru di Banyuwangi yang jauh lebih menarik dan kekinian. Namun, Air Terjun Antogan merupakan destinasi wisata yang kaya akan makna dan pelajaran hidup. Air terjun ini memiliki sejarah yang sangat panjang bagi masyarakat Banyuwangi dalam memerangi kolonialisme di Bumi Blambangan.

Air Terjun Antogan memiliki nilai sejarah yang sangat penting. Dahulu kala, Antogan merupakan tempat Rempeg Jogopati dan para pejuang berkumpul. Dipilihnya Antogan karena di tempat ini terdapat goa-goa dan lorong persembunyian yang mengelilingi Air Terjun Antogan. Rempeg Jogopati, pemimpin Perang Bayu, juga menjadikan tempat ini sebagai tempat bertapa saat VOC menduduki Blambangan.

Air Terjun Antogan menjadi saksi bisu perjuangan para pejuang Blambangan dalam mengusir penjajah. Hal tersebut yang menjadikan Air Terjun Antogan memiliki nilai sejarah yang sangat kental. (di)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here