Beranda Kabar Desa Kabar Tani Anggota PPL Kecamatan Kabat Berikan Vaksinasi dan Vitamin Gratis Untuk Poktan ‘Lestari’

Anggota PPL Kecamatan Kabat Berikan Vaksinasi dan Vitamin Gratis Untuk Poktan ‘Lestari’

0
Kandang Bpk. Sahrawi Dusun Mantren Desa Kabat.

Banyuwangi – Poktan (kelompok tani) ‘Lestari’ bidang peternakan Dusun Mantren, laksanakan kegiatan vaksinasi gratis kepada peternak jenis unggas di wilayah Dusun Mantren Desa Kabat Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi (30/7).

kegiatan pemberian vaksin untuk ternak unggas tersebut, dilaksanakan di kandang ayam kampung milik Sahrawi (65), salah satu anggota kelompok ternak ‘Lestari’. Pemberian vaksinasi gratis tersebut juga dihadiri langsung oleh anggota PPL (penyuluh pertanian lapangan) wilayah Kecamatan Kabat dan juga Drh. Arif Sayfudin selaku dokter hewan yang bertugas di wilayah setempat.

Drh. Arif Sayfudin mengungkapakan, bahwa pemberian vaksin terhadap segala jenis hewan ternak sangatlah penting, karena bukan hal yang tidak mungkin jika hewan ternak bisa terserang virus lantaran berbagai faktor.

“Pemberian vaksin kepada ternak sendiri sebenarnya merupakan tindakan pencegahan atas serangan virus, seperti yang kita berikan saat ini adalah vaksin suntik ‘flu burung’ yang biasa menyerang tahunan, apalagi saat musim hujan. Vaksin ini sebenarnya lebih bagus diberikan kepada ayam saat usia 30 harian.” kata Drh. Arif Sayfudin.

Tak hanya memberikan vaksin secara gratis, anggota PPL Kabat juga memberikan vitamin, desinfeksi serta obat cacing gratis kepada kelompok ternak guna menunjang kesehatan hewan milik para peternak. “kita juga memberikan desinfeksi, yang fungsinya untuk sterilisasi kandang, jadi dalam rangka pencegahan kita tidak hanya memberikan kepada hewannya, namun juga untuk kandangnya, agar bisa steril dari segala jenis bakteri.” Tutupnya (*).

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here