Beranda Kabar Wisata Traveling 9 Tips Aman Liburan Akhir Tahun Dimasa Pandemi

9 Tips Aman Liburan Akhir Tahun Dimasa Pandemi

0
Sumber : travel.kompas.com

Media9- Akhir Tahun 2020 sudah didepan mata momen berkumpul keluarga dan berlibur menjadi agenda. Namun sudahkah merencanakan segala sesuatunya  ditengah kondisi pandemi covid-19? Ada sedikit Tips agar momen liburan dan kumpul bersama keluarga menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

1. Menyusun rencana

Susun perencanaan, apakah mau liburan akhir tahun di dalam kota, atau keluar kota atau keluar negeri. Hal itu penting dilakukan jika traveler tidak memiliki waktu yang cukup fleksibel.

Jikalau waktu liburan memerlukan perpanjangan waktu karena suatu hal, ini bisa disiasati. Jadi, perencanaan ini lebih terkait waktu liburan agar berjalan nyaman walau terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan.

2. Pesan tiket akomodasi/tempat wisata lebih awal

Kalau poin ini pasti traveler sudah tahu alasannya. Kenapa? Dapat dipastikan bahwa traveler akan kesulitan mendapat tiket jika membeli di hari keberangkatan karena volume penumpang yang meningkat pesat dibanding hari biasa.

Namun traveller akan sedikit terbantu dengan perubahan pelayanan yang deberikan oleh pengelola pariwisata maupun daerah pariwisata di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Beberapa daerah di Indonesia yang memeiliki tempat favorit untuk berlibur menyediakan pelayanan pemesanan tiket secara online guna mengurangi terjadinya kerumunan di tempat wisat saat berantri tiket guna mencegah penyebaran covid-19.

3. Teliti menghitung biaya

Sesuaikan perjalanan liburan dengan budget yang ada. Jadi traveler jangan asal belanja dan mengeluarkan uang saat liburan.

Hal di atas untuk menghindari pengeluaran yang berlebih karena terlena saat liburan. Pastinya tidak baik pula jika Anda terlalu boros dalam membelanjakan uang saat liburan akhir tahun.

4. Perlengkapan pribadi jangan lupa

Persiapkan perlengkapan pribadi untuk liburan. Apa saja? Mulai dari obat sampai kosmetik yang menjadi kebutuhan pribadi.

Jika traveler memiliki masalah kesehatan jangan sampai tidak menghiraukannya. Sekecil apapun obat, harus dibawa supaya liburan akhir tahun berjalan lancar pula.

5. Jaga kesehatan

Tentu traveler tidak ingin liburan akhir tahun bersama orang tersayang malah terhambat. Dengan menjaga pola tidur dan makan yang teratur adalah poin pentingnya. Jadi petualangan traveler saat liburan akhir tahun akan semakin menyenangkan. Apalagi dimasa pandemi sekarang ini kesehatan merupakan kunci utamanya.

6. Siap uang tunai

Kartu debit ataupun kredit memang ringkas dan memudahkan dalam bertransaksi. Namun ada satu hal yang perlu traveler ketahui, apa itu?

Tidak semua tempat yang traveler kunjungi terdapat fasilitas yang mendukung uang elektronik itu. Jadi persiapkan uang tunai pula ya!

7. Pilih destinasi anti mainstream

Kenapa traveler dianjurkan memilih destinasi anti mainstream? Jawabannya adalah bagi traveler yang tidak terlalu suka keramaian dan ingin menemukan ketenangan saat liburan akhir tahun jauh dari hiruk pikuk dan menghindarkan traveller dari kemacetan yang menghabiskan waktu traveller di jalan. Tak hanya itu dimasa pandemi sperti sekarang ini diperlukan jaga jarak dan menghindari kerumunan inilah kenapa traveller harus mencari refrensi destinasi yang anti mainstream.

8. Cek cuaca

Ketahui cuaca dan kondisi alam tempat yang dituju. Cuaca di pergantian tahun adalah masa musim penghujan.

Ini termasuk point terpenting bagi traveller saat akan menentukan agenda berlibur, tak hanya masalah hujan saja aspek keselamatan pun menjadi pertimbangan yang tak boleh dikesampingkan.

9. Pilih pergi dengan siapa

Liburan bareng bersama teman atau keluarga, biar seru. Kalau poin ini pasti traveler sendiri sudah merasakan. Terserah mau pilih liburan dengan siapa yang dirasa spesial.

Kembali pada hakikat manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan yang lainnya. Walau hanya membakar jagung di pinggir pantai, liburan akhir tahun Anda terasa lengkap bersama orang terdekat.

Mari dengan tetap memperhatikan keselamatan, kenyamanan, dan tak lupa protokol kesehatan ditengah pandemi covid yang masih mewabah.(*)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here