Beranda Kabar Terkini 358.700 Dosis Vaksin COVID-19 Hari Ini Tiba di Bandara Soetta

358.700 Dosis Vaksin COVID-19 Hari Ini Tiba di Bandara Soetta

0

Pemerintah Perancis mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi COVID-19. Dukungan itu diberikan melalui penyaluran vaksin COVID-19 kepada Indonesia melalui kerja sama multilateral.

Hari ini, Jumat (10/9/2021), Vaksin dari Pemerintah Perancis ini tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Vaksin tersebut berjumlah 358.700 dosis produksi  AstraZeneca.

Melalui sambungan virtual menyambut kedatangan vaksin , Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno L Marsudi menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Perancis atas dukungannya kepada Pemerintah Indonesia dalam mengoptimalkan program vaksinasi nasional.

“Alhamdulillah pada hari ini Indonesia kembali menerima kedatangan 358.700 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX Facility. Kedatangan ini adalah pengiriman tahap pertama dukungan kerjasama dose-sharing dari Pemerintah Perancis, dari total komitmen sebesar 3 juta dosis,” ujar Menlu.

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Prancis,” tambahnya.

Selain Menlu, kedatangan vaksin ini juga disaksikan Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard secara virtual.

Lebih lanjut Retno mengungkapkan, selain dukungan dari COVAX Facility dan negara-negara sahabat, Pemerintah Indonesia juga terus melakukan pembelian vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi bagi rakyat Indonesia.

“Hari ini, telah tiba pula pembelian 615 ribu dosis vaksin AstraZeneca dan 639.990 dosis vaksin Pfizer,” imbuhnya.

Dengan tambahan dosis vaksin yang tiba hari ini, maka jumlah vaksin diperoleh Indonesia adalah sebanyak lebih kurang 225,54 juta dosis. “Jika dihitung dari titik ketibaan, maka jumlah vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah 225.536.190 dosis vaksin, baik dalam bentuk curah maupun dalam bentuk vaksin jadi,” ujar Menlu.

Menutup keterangan persnya, Retno menyampaikan bahwa masih banyak tantangan yang harus dilalui sebelum peperangan melawan pandemi dapat dimenangkan. Namun ia memastikan bahwa mesin diplomasi Indonesia akan terus bergerak dengan kecepatan penuh untuk memenuhi kebutuhan vaksin nasional dan menyuarakan akses yang adil terhadap vaksin untuk semua negara.

Menghadapi peperangan ini, imbuhnya, dukungan semua rakyat Indonesia dengan melakukan vaksinasi dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sangat diperlukan.

“Ayo vaksinasi dan kita jalankan protokol kesehatan! Insyaallah dengan ikhtiar kita semua, dengan kerja keras bersama, kedisiplinan, dan persatuan kita dapat keluar dari pandemi ini,” tandasnya.

Sementara itu Dubes Prancis Olivier Chambard menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung program vaksinasi yang digulirkan oleh pemerintah Indonesia.

“Prancis berkomitmen untuk mendukung mitra dekat kami Indonesia dalam program vaksinasi nasionalnya. Prancis berdiri bersama Indonesia, mitra strategisnya, untuk terus berjuang melawan COVID-19,” ujar Olivier. (www.eljohnnews.com)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here