Beranda Kabar Terkini Stok Elpiji di Jember Tambah 8 Persen Antisipasi Lonjakan Harga Saat Ramadan...

Stok Elpiji di Jember Tambah 8 Persen Antisipasi Lonjakan Harga Saat Ramadan dan Lebaran

0

JEMBER – Sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga elpiji dan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran 1440 Hijriah, Pertamina berkoordinasi dengan Hiswana Migas menambah stok sekitar 8 persen dari alokasi umum yang tersedia untuk wilayah Kabupaten Jember.

Diketahui untuk alokasi umum tabung gas 3 kilogram (Kg) yang disediakan adalah sekitar 67.200 buah. Hal itu disampaikan langsung oleh salah satu pemilik pangkalan Elpiji di Jember, Satib, saat dikonfirmasi media, Rabu (29/5/2019).

“Untuk langkah antisipasi lonjakan harga ini, sebenarnya sudah dilakukan sejak sebelum Ramadan. Dimana ada penambahan stok 8 persen dari alokasi umum yang disediakan,” kata Satib kepada sejumlah media.

Satib mengatakan, hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana untuk penambahan stok (ekstra drooping) dilakukan pada pertengahan bulan Ramadan. “Konsekuensinya harga gas 3 kilo saat itu, akhirnya melonjak tajam, dan sulit untuk turun. Bahkan masyarakat pun menimbun untuk mengantisipasi lonjakan harga yang semakin tinggi,” ungkapnya.

Sehingga upaya yang dilakukan Pertamina dengan langkah antisipasi seperti sekarang, katanya, adalah langkah yang tepat. “Sehingga harga wajar, stok aman, dan pemakaian konsumen untuk memenuhi kebutuhan siap tercukupi. Bahkan sewaktu-waktu butuh stok ekstra. Sudah siap,” katanya.

Langkah lain yang dilakukan untuk antisipasi, kata Satib, juga dilakukan dengan mengenalkan produk baru, yakni Brigas, dan mengalihkan ke penggunaan tabung gas 12 Kg. “Sehingga dengan adanya produk baru yang kini ada di setiap agen-agen, bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat akan tabung gas 3 Kg itu,” pungkasnya. ( ykd )

Tinggalkan Komentar