Beranda Kabar Terkini Ingin Batrai Handpone Kamu Awet? Lakukan Hal Ini!

Ingin Batrai Handpone Kamu Awet? Lakukan Hal Ini!

0
Foto : gadgetsquad.id

Media-9 – Baterai yang awet bertahun-tahun adalah idaman setip penggguna smartphone. Beberapa cara kerap dilakukan demi memperpanjang usia ponsel. Termasuk melakukan hal-hal yang diyakini bisa membuat baterai ponsel awet, seperti mengecasnya hingga 100 persen semalaman, baru mencas ponsel ketika daya benar-benar habis, dan praktik-praktik lain.

Efektifkah cara tersebut untuk membuat baterai smartphone awet?

Menurut perusahaan Cadex, produsen perangkat penguji baterai smartphone, praktik-praktik tersebut justru bisa memangkas usia ponsel, alih-alih memperpanjangnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat baterai lebih tahan lama, seperti dirangkum Media9 berikut ini

  1. Jangan mengisi daya baterai sampai penuh. Sebagian besar pengguna smartphone pasti akan mengisi daya baterai hingga 100 persen. Namun untuk baterai lithium-ion modern yang tertanam di berbagai smartphone saat ini, hal tersebut hanya mitos untuk membuatnya awet. Pengisian baterai secara parsial memiliki manfaat positif untuk memperpanjang usia sel baterai. Ada alasan ilmiah di balik cara ini. Ketika daya baterai semakin mendekati kosong, baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah.
  2. Jangan tunggu baterai kosong Mengisi daya dari 0 persen hingga 100 persen sebaiknya dihindari ,karena membutuhkan waktu yang lama. Sebab itu, beberapa orang memilih untuk mengecas ponselnya semalam suntuk atau terlalu lama. Padahal hal itu tidak disarankan.
  3. Jangan charge ponsel sambil digunakan Baterai yang terkuras secara drastis saat dicas disebut pula “parastic load”. Kejadian ini biasa terjadi, pada saat bersamaan ponsel sedang diisi dan digunakan untuk mengoperasikan aplikasi yang boros baterai seperti bermain game atau menonton video. Parastic load buruk bagi baterai karena dapat mendistorsi siklus charging atau pemutaran arus saat isi ulang. Apalagi jika parastic load terjadi saat baterai sudah terisi penuh. Maka akan menyebabkan tegangan-tegangan yang lebih tinggi dan menyebabkan baterai panas.
  4.  Ingat, suhu tinggi adalah musuh baterai  Kunci utama untuk memperpanjang umur baterai adalah kontrol temperatur. Seperti halnya tegangan tinggi, temperatur tinggi akan menekan baterai dan membuat kapasitas baterai hilang dengan cepat dibanding menjaga ponsel dalam temperatur rendah. Menjaga ponsel dalam suhu 25-30 derajat celsius akan menjaga kapasitas baterai di angka 80 persen. Jika menyimpannya dalam suhu 40 derajat celsius, maka kapasitas baterai akan terjaga 65 persen, dan di suhu 60 derajat celsius hanya akan memperpendek usia baterai dalam tiga bulan.

Lakukan 4 hal tersebut untuk membuat batrai smartphone kalian awet, semoga bermanfaat.

(i)

- Advertisment -

Kirim Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here